Majukan Majalengka Sebagai Kota dan Kabupaten Termaju di Jabar Timur

Kategori │Berita Lokal

Majukan Majalengka Sebagai Kota dan Kabupaten Termaju di Jabar Timur - Majalengka merupakan sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat. Mungkin nama kabupaten ini masih terasa asing bagi mereka yang tinggal diluar wilayah Jawa Barat. Mungkin nama Majalengka belum seterkenal nama Bandung, Bogor, Garut atau kota lain di Jawa barat, tapi mengenai destinasi Kota Majalengka tidak boleh
dipandang sebelah mata. Majalengka dipimpin oleh H. Sutrisno SE, MSi dan Dr. H. Karna Sobahi M.MPd sebagai Bupati dan Wakil Bupati Majalengka terpilih periode 2013 - 2018.



Apakah Majalengka bisa menyusul kemajuan daerah lainnya di kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat? Jawabanya bisa. Karena Majalengka yang dulu bukan yang sekarang. Banyak potensi yang masih belum tergali saat ini baik dari ujung utara, selatan, barat maupun timur Majalengka.

Yang terbaru, dalam waktu dekat ini pemerintah pusat akan meresmikan tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) yang didalamnya melintasi wilayah Kabupaten Majalengka. Sehingga diharapkan dari pembangunan ini dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah maupun rakyatnya. Terutama mempermudah jarak tempuh ketika kita akan pergi ke ibukota.

Selain itu, yang paling fenomenal yakni proses pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang rencananya akan rampung dan beroperasi pada tahun 2017 mendatang. Bila ini terwujud, sudah barang tentu bakal mengungkit dan mendongkrak kemajuan suatu daerah di berbagai sektor bidang kehidupan.

Angan-angan itu setidaknya menjadi kenyataan, ketika Pemerintah Provinsi Jawa Barat bakal menjadikan Kadipaten-Majalengka sebagai pusat perkembangan ekonomi Jabar bagian timur. Dengan demikian, modernitas macam apa kiranya yang akan mengepung Majalengka dalam beberapa tahun ke depan? kota ibadah, kota pendidikan. kota perdagangan dan jasa, atau kota kecil dengan sejuta cerita.

Semua itu akan mengalami perubahan, bergantung pada kepala daerah, rakyatnya, jaringan birokrasi dan kerjasama semua komponen masyarakat tanpa terkecuali. Bila pemerintah dalam melaksanakan amanahnya hanya sekedar melampiaskan nafsu kepentingan pribadi atau kelompoknya, maka harapan Majalengka menjadi Kota Metropolitan hanya sekedar dongeng sebelum tidur (kamuplase belaka). Begitu juga ketika rakyatnya, hanya menjadi obyek, bukan subyek pembangunan. Maka penderitaanlah yang akan didapat, menjadi penonton di rumahnya sendiri. Di tengah hiruk pikuknya pembangunan.

Begitupula dengan kehidupan saat ini tidak mungkin seorang bupati berjalan sendiri tanpa ada gerbong dibelakang yang mengikutinya. Maka dari itu, mari kita eratkan tangan. Bangun Majalengka secara gotong royong. Tidak mungkin roda pemerintah bisa berjalan tanpa keterlibatan dan kerjasama semua elemen masyarakat. Ibarat membersihkan setumpuk halaman yang kotor, dengan satu lidi saja tidak cukup, tanpa disatukan dan diikat dengan lidi lainnya.

Sekilas Tentang Kabupaten Majalengka

Kabupaten Majalengka, adalah sebuah kabupaten di Tatar Pasundan Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Majalengka. Pembentukan Kabupaten Majalengka berawal dari Tahun 1819 dibentuk Karesidenan Cirebon yang terdiri atas Keregenaan (Kabupaten) Cirebon, Kuningan, Bengawan Wetan, Galuh (Ciamis Sekarang) dan Maja.

Kabupaten Maja adalah cikal bakal Kabupaten Majalengka. Pembentukan Kabupaten Maja berdasarkan Besluit (Surat Keputusan) Komisaris Gubernur Jendral Hindia Belanda No.23 Tanggal 5 Januari 1819. Kabupaten Maja adalah gabungan dari tiga distrik yaitu. Distrik Sindangkasih, Distrik Talaga, dan Distrik Rajagaluh.

Kabupaten Maja beribukota di Kota Kecamatan Maja sekarang. Tanggal 11 Februari 1840, keluar surat Staatsblad No.7 dan Besluit Gubernur Jendral Hindia Belanda No.2 yang menjelasakan perpindahan Ibukota Kabupaten ke Wilayah Sindangkasih yang kemudian diberi nama 'Majalengka'.

Dalam Buku Sejarah Majalengka Karya N. Kartika yang mewawancarai Budayawan Ayatrohaedi, Nama Majalengka bila diartikan dalam bahasa Jawa Kuno yaitu kata ‘Maja’ merupakan nama buah dan kata ‘Lengka’ yang berati pahit, jadi kata 'Majalengka' adalah nama lain dari kata Majapahit.

Kabupaten Majalengka terdiri dari 26 Kecamatan, yang terbagi atas 330 Desa dan 13 Kelurahan. Pusat pemerintahan Kabupaten berada di Kecamatan Majalengka. Mayoritas Masyarakat Majalengka berasal dari etnis Sunda. Bahasa yang digunakan Bahasa Sunda, akan tetapi memiliki perbedaan beberapa arti dan kosakata dengan Bahasa Sunda di Kawasan Priangan.

Sebagai wilayah yang dilalui oleh dua kebudayaan besar yaitu Sunda & Cirebon maka Kabupaten Majalengka memiliki keragaman seni budaya.

Sukseskan Kota Majalengka Remaja
Kota Majalengka

Pemuda yang dapat memberikan kontribusi positif untuk pembangunan dan kemajuan Majalengka. Diharapkan kader yang tergabung dalam wadah Taruna Merah Putih (TMP) Kab.Majalengka bisa mengawal seluruh kebijakan pemerintah, mendukung, dan menyukseskan Majalengka Remaja. Kiprah dan tekad para Pemuda dan Pemudi untuk memajukan daerah harus betul-betul murni untuk Memajukan Majalengka Sebagai Kota dan Kabupaten Termaju di Jabar Timur. Sehingga nantinya akan membawa masyarakat Kabupaten Majalengka maju, mandiri, dan sejahtera, sebagaimana tekad seluruh masyarakat dalam memwujudkan Majalengka Remaja.

Admin bangga, kini sudah ada satu kemajuan di Majalengka yang datangnya dari seorang pemuda bernama Edis Jun yang tiada lain seorang Webmaster di WaGoMu. Dimana WaGoMu ini telah banyak memberikan manfaat buat admin khususnya dalam belajar nge-blog. Bagi temen-temen yang belum bergabung di WaGoMu, ayyoo... ikut gabung ya...

Bikin Blog di WaGoMu, bisa digunakan untuk promosi , membangun web marketing atau membangun brand personal sekalipun. Untuk teman-teman yang tidak ingin tulisan-tulisannya hilang mubadzir tertutup timeline, untuk teman-teman yang ingin menjamah Market di Media Online dan menjaring customer via Searching Engine sekalipun, silahkan gunakan WaGoMu ya. Blog di WaGoMu lebih kuat di SEO karena informasi blognya tidak sendiri-sendiri. Nggak percaya, silahkan buktikan sendiri dengan membuat blog dan menulis di WaGoMu

 Maju terus WaGoMu... Maju Terus Majalengka...


SELAMAT HUT KE-526 MAJALENGKA SEMOGA MAKMUR... AAMIIN... ( 7 JUNI 2016 )


Dan semoga dalam Hari Jadi Majalengka ke-526 tepatnya 7 Juni 2016, rakyatnya semakin sejahtera dan makmur selamanya, aamiin... dan pemerintah bukan hanya sekedar slogan belaka dalam melaksanakan kewajibannya melindungi, mengayomi dan mensejahterakan rakyatnya.

Nah itu dia sobat ddddsobirin.wagomu.id sedikit informasi yang bisa admin bagikan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi Anda semuanya. Jangan lupa untuk membaca juga postingan lainnya terkait Majukan Peternakan Indonesia Bersama ilmuhewan.com dan juga artikel tentang Indramayu Kota Wisata serta postingan lainnya mengenai Cara Membuat Website Sendiri dan yang terakhir ada artikel Pilih Nahwa Untuk Jasa Travel dan Sewa Mobil di Malang. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingannya. Happy Blogger.