Cara Membuat Website Sendiri

Kategori │Tutorial Website

Cara Membuat Website Sendiri - hallo... sobat ddsobirin.wagomu.id apa kabarnya nih, mudah-mudahan pada sehat saja ya, aamiin. Pada kesempatan kali ini admin mau berbagi tentang Cara Membuat Website. Apakah teman-teman sudah bisa membuatnya? admin yakin pasti sudah pada pintar, iya kan... wah bagus dong kalau begitu. Apalagi bagi mereka seorang webmaster (pembuat website), wuih.. pastinya gampang sekali tuh. Namun bagaimana dengan teman-teman kita yang baru saja terjun di dunia blogging ? apakah mereka juga menganggap Cara Membuat Website adalah hal yang mudah ? tentu tidak bukan, tidak perlu khawatir sama sekali soal pengetahuan script, html, php, css, javascript dan segala yang berbau ilmu pemrograman, karena sekarang ini tidak lagi serumit dulu yang mana harus bisa ini-itu baru bisa punya web sendiri.
Cara Membuat Website Sendiri Gratis & Mudah

Pernah bingung membedakan istilah website dan blog? Sebenarnya yang seperti ini tidak perlu diributkan karena pada dasarnya anda akan membuat halaman-halaman yang bisa diakses di dunia maya. Nah, pada dasarnya, semua yang sobat lihat di internet adalah website. Namun demikian, website tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda dan memiliki sebutan khusus tergantung pada fungsinya. Jenis website yang cukup ngetop adalah blog, social media dan toko online. Jadi bisa dikatakan bahwa blog adalah salah satu jenis website yang memiliki fungsi sebagai diary atau buku harian bagi pemiliknya, makanya biasanya tampilan artikel blog suka diurutkan berdasarkan tanggal dimulai dari yang paling baru.

Penggunaan website saat ini semakin hari semakin bertambah banyak, hal ini terjadi karena kemajuan tehnologi dan tuntutan hidup pada jaman sekarang. Untuk pemula admin akan mencoba berbagi tentang bagaimana Cara Membuat Website Sendiri, memulainya dari nol atau awal hingga blog atau web buatanmu sendiri bisa online dan dilihat banyak orang di seluruh indonesia dan bahkan semua negara di dunia.

Tulisan ini merupakan bagian kecil dari berbagai tutorial tentang Belajar Membuat Website yang ada di blog ddsobirin.wagomu.id ini, yang di perlukan oleh anda adalah domain dan hosting. Apa tuh maksudnya domain dan hosting? Mari kita pelajari bersama.

Panduan Penting Langkah Demi Langkah Membuat Website Sendiri

Tutorial ini akan menunjukkan bagaimana cara membuat website. Panduan ini ditujukan bagi para pemula dan akan menunjukkan langkah demi langkah keseluruhan proses Cara Membuat Website Sendiri dari dasar banget. Ada 2 syarat yang harus sobat penuhi untuk membuat website, yaitu :
  1. Beli Domain dan Hosting
  2. Pilih Platform WordPress CMS 

#1. Beli Domain dan Hosting Untuk Website

Domain

Apa itu Domain? DOMAIN adalah alamat website kita. Domain dipergunakan untuk mempermudah pengunjung mengingat alamat website. Karena itulah, kita perlu memiliki nama domain yang mudah diingat. Domain terdiri dari 2 bagian :
  1. Nama domain
  2. Extension
Kita ambil contoh: GOOGLE.COM

GOOGLE adalah nama domain
COM adalah extension

Penamaan nama domain hanya diijinkan menggunakan huruf, angka dan garis penghubung. Pengunaan huruf kapital dan huruf kecil diabaikan. Artinya:

GOOGLE.com dan Google.Com atau gOOgLe.cOm akan tetap menuju ke halaman google.com semua.

Dan sebuah nama domain hanya bisa dimiliki oleh satu orang saja. Jika suatu domain sudah dimiliki oleh orang lain, maka kita harus menunggu hingga domain itu expired dan tidak diperpanjang kembali oleh pemiliknya.

Jadi domain adalah identitas anda di internet. Kartu elektronis anda di internet. Peluang bisnis anda diinternet.

Hosting

Apa itu hosting? Hosting adalah suatu space atau tempat di internet yang kita gunakan untuk menyimpan data-data situs kita. Entah itu situs perusahaan, situs pribadi, situs blog, dan lain sebagainya. Setiap situs yang hendak kita buat online sehingga banyak orang bisa mengaksesnya, harus disimpan pada suatu host. Kini banyak tersedia host-host yang ditawarkan yang ada di internet. Mulai yang berbayar, sampai yang gratis sekalipun. Yang gratis biasanya nama domain yang kita dapatkan hanyalah subdomain dari situs induk dimana kita mendaftar disitus tersebut.

Lalu bagaimana cara membeli Domain dan Hosting?

Supaya website dapat diakses dari internet dan dapat berkomunikasi dengan email maka dibutuhkan web hosting dan nama domain. Web hosting berfungsi sebagai tempat penyimpanan file website dan email. Sedangkan nama domain berfungsi sebagai alamat dari website dan email.

Tips Memilih Nama Domain

Berikut ini tips memilih nama domain:
  • Singkat, tidak terlalu panjang
  • Mudah diingat, mudah diucap
  • Tidak melanggar HaKI (hak cipta, merek, dan intelektual). Contoh penamaan domain yang berpotensi melanggar HaKI adalah sony-elektrik.tld, SONY adalah merek terkenal.
  • Pilih ekstensi domain sesuai kebutuhan, seperti untuk situs institusi komersial/bisnis berbadan usaha Indonesia sebaiknya menggunakan ekstensi .co.id, sekolah Indonesia bisa menggunakan .sch.id
Tips Memilih Paket Hosting

Berikut ini tips memilih Paket Hosting :
  • Pilihlah paket hosting sesuai dengan target pengunjung dan besar website (kapasitas).
  • Bila pengunjung web kebanyakan dari Indonesia, gunakan paket hosting Indonesia dan bila kebanyakan dari luar Indonesia, gunakan paket hosting USA.
  • Mulailah dengan kapasitas hosting yang memadai, kapasitas yang terlalu kecil akan menyebabkan masalah upload dan gangguan lalu lintas email.
  • Apabila membutuhkan kapasitas penyimpanan besar untuk email, pertimbangkanlah paket email hosting.


Cara Pesan Hosting dan Domain
  • Langkah pertama, kunjungi salah satu laman Paket Hosting Murah di sini lalu pilih paket yang sesuai dan klik tombol "BELi" untuk memulai pemesanannya
cara membuat web


  • Langkah kedua, pilih salah satu lokasinya misal "indonesia"
cara buat website


  • Langkah ketiga, masukkan Nama Domain yang sudah Anda rencanakan sebelumnya. Misal : dedesobirin kemudian klik "Check"
cara bikin website



  • Langkah ke empat, segera klik "Tambahkan ke Keranjang Belanja"
cara membuat wordpress


  • Langkah kelima, maka akan terbuka halaman baru untuk mengisi biodata diri Anda, silahkan di isi sesuai data anda dengan lengkap.
cara membuat website gratis

  • Jika sudah selesai, jangan lupa di beri tanda "centang" pada tulisan Saya telah membaca dan menyetujui Ketentuan Layanan (T0S) , kemudian segera klik "Selesaikan Pesanan"
membuat website gratis


  •  Langkah ke enam, maka akan terbuka halaman baru penagihan pembayaran Anda untuk pembelian Domain dan Hosting yang telah Anda pesan.
tutorial membuat website

  •  Langkah ketujuh, Segera lakukan pembayarannya, dan bentuk penagihan ini juga akan otomatis masuk ke dalam gmail yang Anda daftarkan sewaktu mengisi biodata diri Anda pada langkah kelima di atas. 

Cara Pembayaran

Setelah selesai melakukan pemesanan, sistem akan secara otomatis mengirimkan invoice atau tagihan yang berisi informasi rekening.

Supaya mempermudah pemeriksaan pembayaran oleh team billing layanan web hosting tersebut, sertakan nomor invoice pada berita acara transfer dan sertakan bukti pembayaran pada saat mengisi form konfirmasi pembayaran.

Cara Konfirmasi Pembayaran

Segera konfirmasikan pembayaran di halaman konfirmasi pembayaran. Team layanan web hosting tersebut akan segera memeriksa pembayaran Anda.

Aktifasi Akun Hosting dan Domain

Team layanan web hosting tersebut butuh 30-60 menit untuk mengaktifkan akun di jam kerja. Dan butuh waktu yang lebih lama di luar jam kerja.

#2. Memilih  Platform WordPress CMS untuk Membuat Situs

Bagi rekan-rekan yang baru saja mulai belajar membuat website, Memilih CMS untuk Membuat Situs adalah hal yang paling mudah dilakukan. Kenapa begitu? karena website WordPress jenis CMS ini sudah lazim digunakan dan bahkan paling banyak dipakai blog mana pun di seluruh dunia. Lalu apa itu CMS? CMS adalah kependekan dari Content Management System, dan jika dibahasakan secara sederhana, CMS ini adalah sistem yang digunakan untuk mengelola website kita, tepatnya adalah halaman Admin untuk pemilik web yang mana dengannya kita bisa login dan melakukan segala yang diperlukan untuk situs yang dikelola, seperti menulis artikel, mengatur tata letak widget, membuat menu dan mengatur link, menata warna, tulisan, spasi gambar dan sebagainya. Intinya, CMS ini digunakan sebagai management untuk otak atik isi blog kita agar tampilannya lebih menarik saat dikunjungi oleh orang banyak.

Jika Anda adalah pemula maka hal pertama yang harus di lakukan adalah segera Periksa email. Ya, serius, ini benar-benar langkah pertama yang harus Anda tempuh. Karena begitu Anda membeli domain dan sewa hosting dari provider manapun, biasanya mereka akan mengirimkan email pemberitahuan yang berisi akun domain, akun hosting, dan akun client area (akun ke penyedia domain hosting tempat Anda membeli domain dan hosting). .

Tutorial Langkah-Langkah Cara Membuat Website Sendiri Menggunakkan WordPress CMS
  • Pertama-tama silahkan buka alamat website Anda di http:// www.namadomainanda.com/cpanel 
  • Setelah terbuka maka Anda akan di bawa ke halaman baru untuk login ke cPanel website Anda.
cara membuat web sendiri
Masukkan username, password Anda, kemudian klik login (username dan password ini ada di email pemberitahuan di akun domain + hosting Anda)

  • Jika sudah terbuka di halaman dashboard Cpanel Anda, segera scrool ke bawah dan cari menu "Softaculous Apps Installer" kemudian klik gambar WordPress
belajar membuat website

  •  Apabila sudah terbuka di halaman baru lagi segera lakukan klik "Install"
cara bikin web gratis

  • Setelah menginstall, maka Anda akan di minta untuk mengisi data-data website wordpressnya, disini biasanya anda akan diminta mengisi :
cara buat website sendiri

Choose Protocol : Silahkan anda bisa memilih "http://" atau "http://www"
Choose Domain : ini sudah otomatis terisi dengan nama domain anda.
In Directori : ini sudah otomatis terisi
Database Name : ini sudah otomatis terisi
Site Name : silahkan diisi sesuai nama website anda.
Site Description : diisi sesuai deskripsi website yang sudah anda ciptakan.
Admin Username : masukkan username sesuai keinginan anda yang mudah diingat.
Admin Password : silahkan masukan kata kunci yang kuat dan mudah diingat.
Admin Email : masukkan email anda.
Select Language : pilih English biar sedikit mudah memahamiya.
Email installation : silahkan diisi sesuai keinginan anda.
  • Jika sudah selesai mengisi data-data website yang diperlukannya, segera klik "Install" dan tunggu beberapa saat sampai menunjukkan angka 100%.
bagaimana cara membuat website

  • Setelah berhasil menginstallnya sampai 100% maka akan terbuka halaman baru dimana halaman ini Anda akan menemukan tulisan "Congratulations, the software was installed successfully" ini menjelaskan bahwa anda telah berhasil menginstall website wordpressnya. Segera lakukan dengan mengklik tulisan "Administrative URL : http://namadomain.com/wp/wp-admin/" seperti terlihat pada gambar di bawah yang sy beri tanda panah merah
cara membuat website dengan wordpress

  • Disinilah anda akan diminta login ke website wordpress yang telah anda ciptakan tadi. Jadi ingat ya username dan password ini harus sesuai dengan yang anda ciptakan sewaktu mengisi data-data website wordpressnya diatas.
membuat website dengan wordpress

  • Tadaaa.... Selamat anda telah BERHASIL Membuat Website CMS Menggunakan Softaculous.
cara mudah membuat website

  • Selesai... tinggal mengisi websitenya dengan hasil karya original Anda. Dan inilah hasil penampakkan dari Tutorial Cara Membuat Website Sendiri di atas http://dedesobirin.com/
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat Video Tutorial di bawah ini :




Nah itu dia sedikit informasi yang bisa admin bagikan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi Anda semuanya. Jangan lupa untuk membaca juga postingan lainnya terkait Green Pramuka City Hunian Strategis dan Nyaman di Pusat Kota dan juga artikel tentang Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak dan yang terakhir ada artikel tentang TIPS MEMILIH JASA EKSPEDISI PENGIRIMAN BARANG. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingannya. Demikanlah artikel ini di ikut sertakan pada kontes seo Cara Membuat Website Sendiri.