Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia - Agroteknologi.web.id

Kategori │Pertanian

Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia - Agroteknologi.web.id - hallo... sobat blogger http://ddsobirin.wagomu.id/ apa kabarnya nih? mudah-mudahan pada baik-baik saja ya... aamiin..., oiya kali ini admin mau berbagi informasi seputar dunia pertanian. Siapa sih yang ngga kenal dengan pertanian? wah... admin yakin... pasti semua orang sudah pada tahu yang namanya pertanian, bener ngga? nah, yang seringkali jadi permasalahan di kalangan para petani adalah tentang diskusinya ataupu suatu forum petani yang bisa mewadahi segala permasalahan para petani itu sendiri. Mau tahu tentang informasi lebih jelasnya? jika iya jawabannya, maka silahkan untuk menyimak lebig lengkapnya di bawah ini:

Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia - Agroteknologi.web.id

Petani adalah seseorang yang bergerak di bidang pertanian, utamanya dengan cara melakukan pengelolaan tanah dengan tujuan untuk menumbuhkan dan memelihara tanaman (seperti padi, bunga, buah dan lain lain), dengan harapan untuk memperoleh hasil dari tanaman tersebut untuk digunakan sendiri ataupun menjualnya kepada orang lain. Mereka juga dapat menyediakan bahan mentah bagi industri, seperti serealia untuk minuman beralkohol, buah untuk jus, dan wol atau kapas untuk penenunan dan pembuatan pakaian.

Setiap orang bisa menjadi petani (asalkan punya sebidang tanah atau lebih), walau ia sudah punya pekerjaan bukan sebagai petani. Maksud dari kalimat tersebut bukan berarti pemilik tanah harus mencangkul atau mengolah sendiri tanah miliknya, tetapi bisa bekerjasama dengan petani tulen untuk bercocok tanam di tanah pertanian miliknya. Apabila ini diterapkan, berarti pemilik tanah itu telah memberi pekerjaan kepada orang lain walau hasilnya tidak banyak. Apabila bermaksud mengolah sendiri, tentu harus benar-benar bisa membagi waktu, tetapi kemungkinan akan kesulitan kalau tanahnya lebih dari satu petak.

Pentingnya Forum Diskusi Untuk Petani

Bagi kebanyakan petani, diskusi adalah suatu hal asing yang jarang dan bahkan tidak pernah dilakukan. Padahal biasanya Di kelompok tani forum diskusi atau pertemuan kelompok tani dilakukan satu minggu sekali dan untuk di Induk Kelompok Tani (Inpoktan) sebulan sekali. Agenda pertemuan kelompok tani yaitu membahas perkembangan aktivitas pertanian yang dijalankan dan permasalahan yang dihadapi serta alternatif solusinya.

Melihat permasalahan yang dihadapi serta kebutuhan petani, tentunya sebuah "Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia - Agroteknologi.web.id" bisa menjadi alternatif forum diskusi untuk petani menjadi sangat penting untuk dilakukan. Disamping itu pendamping program pada waktu tertentu juga memberikan informasi baru atau informasi lainnya yang terkait dengan aktivitas program. Petanipun cukup aktif dalam diskusi khususnya ketika membahas  alternatif solusi terhadap permasalahan pertanian mereka.

Seperti pada pertemuan di salah satu kelompok tani beberapa waktu yang lalu menuturkan dalam sebuah diskusi, Musim lalu ada seorang petani yang kebingungan dan sudah habis cara untuk mengatasi hama walang sangit, berbagai pestisida sudah dicoba namun hasilnya sama saja tidak mempan.

Akhirnya ada salah seorang petani yang berinisiatif dengan cara mengambil kertas kosong dan ditulislah ayat Al Qur’an lalu kertas tersebut  dilipat, dibungkus plastik dan dipasang di tengah sawah dengan bambu. Alhamdulillah walang sangitnya kabur (jelasnya). Dan serempak petani yang lainnya pun tertawa riuh. Ya memang demikianlah, kadang petani melakukan hal-hal yang tidak masuk akal dan dilakukan dengan kemantapan hati, hasilnya wallahu a’lam.

Peran Kelembagaan Pertanian dan Pentingnya Kelembagaan Dalam Pembangunan Pertanian

Menurut admin, setiap usaha tani diperlukan suatu kelembagaan pertanian yang sangat berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas petani. Oleh sebab itu diperlukan Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia, karena tiap kelembagaan memiliki tujuan tertentu dan orang-orang yang terlibat di dalamnya memiliki pola perilaku tertentu serta nilai-nilai dan norma yang sudah disepakati yang sifatnya khas.

Dalam upaya menuju pembangunan pertanian yang lebih maju, peran kelembagaan pertanian perlu didorong untuk memberikan kontribusi terhadap hal tesebut. Kelembagaan pertanian menjadi sebuah penggerak utama untuk mencapai kemajuan pertanian. Kelompok tani menjadi salah satu kelembagaan pertanian yang berperan penting dan menjadi ujung tombak karena kelompok tani merupakan pelaku utama dalam pembangunan pertanian.

Pengembangan kelembagaan pertanian baik itu kelompok tani atau koperasi bagi petani sangat penting terutama dalam peningkatan produksi dan kesejahteraan petani, dimana Melalui koperasi petani dapat memperbaiki posisi rebut tawar mereka baik dalam memasarkan hasil produksi maupun dalam pengadaan input produksi yang dibutuhkan dan Dalam wadah organisasi koperasi, para petani lebih mudah berinteraksi secara positif terkait dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kualitas SDM mereka, selain itu para petani bisa mendapatkan pengetahuan agar para petani lebih berwawasan luas di dalam bertaninya dengan mengunjungi situs di Agroteknologi.web.id Sumber Informasi Pertanan Indonesia.


Langkah strategis untuk Menyelamatkan Pertanian dan Kedaulatan Pangan

Di tengah situasi seperti yang ada saat ini apa yang sesungguhnya bisa di lakukan untuk menyelamatkan pertanian dan kedaulatan pangan yang beroreintasi pada kesejahteraan petani dan pemenuhan kebutuhan nasional. Bagi penulis setidaknya ada empat aspek langkah strategis yang harus dilaksanakan yaitu aspek pertanahan, proses produksi, distribusi dan kelembagaan petani.

Dengan semangat meningkatkan pertanian dan kesejahteraan petani Indonesia beberapa langkah yang harus dan mendesak untuk dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia antara lain :
  1. Memandirikan produksi benih secara nasional
  2. Mengubah arah kebijakan subsidi pertanian
  3. Pertanian rakyat berkelanjutan  menjawab kebutuhan teknologi bagi petani kecil
#1. Memandirikan Produksi Benih Secara Nasional

Sebagai contoh tahun 2008 Sebagian besar benih untuk tanaman pangan dikontrol oleh perusahaan multinasional, seperti jagung hibrida yang mencapai 43 persen dipasok oleh syngenta dan Bayern Corp. Dukungan bagi pengembangan benih pangan berbasis komunitas harus dijadikan sebagai salah satu cara memandirikan petani. Karena setidaknya Indonesia hampir di setiap propinsi memilki universitas-universitas yang mumpuni untuk mendorong penelitian-penelitian yang dilakukan oleh petani. Ke depan harapannya, secara perbenihan Indonesia bisa maju dan mandiri. Memandirikan produksi benih secara nasional.

#2. Mengubah Arah Kebijakan Subsidi Pertanian

Mengubah arah kebijakan subsidi pertanian agar ditujukan langsung kepada keluarga-keluarga tani dan bukannya kepada perusahaan penghasil sarana produksi ataupun distributor besar. Saat ini sistem subsidi masih ditujukan kepada perusahaan penghasil sarana produksi dan distributor besar baik swasta maupun BUMN, tanpa disertai pengawasan lebih lanjut hingga ke tingkat petani. Situasi ini menyebabkan hampir setiap tahun petani senantiasa mengalami kelangkaan pupuk maupun benih.

#3. Pertanian Rakyat Berkelanjutan

Pertanian rakyat berkelanjutan menjawab kebutuhan teknologi bagi petani kecil Inovasi teknologi pada petani kecil ini memiliki beberapa karakter yakni penghematan input dan biaya, pengurangan resiko kegagalan, dikembangkan untuk lahan marjinal, cocok dengan sistem pertanian keluarga tani, dan meningkatkan pemenuhan nutrisi, kesehatan, dan lingkungan. Sistem ini sudah sesuai dan sejalan dengan kriteria pengembangan teknologi bagi petani kecil. Kriteria tersebut adalah :
  • Berbasiskan pengetahuan lokal dan rasional
  • Layak secara ekonomi dan dapat diakses dengan menggunakan sumber-sumber lokal
  • Sensitive pada lingkungan
  • Nilai sosial dan kebudayaan
  • mengurangi resiko dan bisa diadaptasi oleh petani
  • serta meningkatkan secara keseluruhan produktivitas dan stabilitas pertanian

berbasiskan pengetahuan lokal dan rasional; layak secara ekonomi dan dapat diakses dengan menggunakan sumber-sumber lokal; sensitive pada lingkungan, nilai sosial dan kebudayaan; mengurangi resiko dan bisa diadaptasi oleh

Demikian juga tidak terjebak dengan model monokulture. Upaya yang praktis adalah mengimplementasikan kembali program Go organic 2010, dengan berbagai perbaikan seperti diatas.

Banyaknya kebijakan dan program pangan dan pertanian yang dicanangkan pemerintah seharusnya menjadi tanda keseriusan pemerintah untuk membenahi sektor ini termasuk meningkatkan kesejahteraan petani kecil. Namun sayangnya berbagai program ini justru didorong demi melayani kepentingan para investor.


Pemerintah tidak lagi mendukung keluarga-keluarga petani yang telah menyediakan kebutuhan pangan bagi jutaan penduduk negeri ini selama puluhan tahun. Saat ini pemerintah justru menyerahkan kepada perusahaan-perusahaan pertanian untuk mengelola sumberdaya agraria dan memproduksi pangan bagi negeri ini. Cara pikir seperti inilah yang justru akan semakin memperlemah kedaulatan pangan bangsa.

Untuk itu, masih ada waktu empat tahun lagi bagi pemerintah sekarang ini untuk mengambil langkah-langkah yang berpihak kepada kaum tani. Tentu dengan kembali kepada Undang-Undang Pokok Agraria 1960 (UUPA 1960) sebagai penjabaran dari UUD 1945 pasal 33. Hal ini  merupakan agenda yang mendasar bagi Indonesia untuk terjadinya perombakan, pembaruan, pemulihan dan penataan sistem agraria nasional yang sejati demi keadilan dan kemakmuran bagi petani, dan seluruh rakyat Indonesia.



Nah itu dia sobat http://ddsobirin.wagomu.id/ sedikit informasi yang bisa admin bagikan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi Anda semuanya. Jangan lupa untuk membaca juga postingan lainnya terkait Obat Diabetes Alami Obat Herbal Diabetes Paling Ampuh, dan juga artikel tentang Marimas Bikin Adem, Tidak Bikin Batuk dan yang terakhir ada postingan mengenai Tempat Wisata di Singapura : Tempatwisata.Biz.Id. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingannya. Demikianlah artikel ini sengaja admin buat dalam rangka mengikuti kontes seo dengan kata kunci Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia - Agroteknologi.web.id.


  • Artikel (Pertanian)dari kategori yang sama


    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.