Majukan Peternakan Indonesia Bersama ilmuHewan.com

Kategori │Peternakan

Majukan Peternakan Indonesia Bersama ilmuHewan.com - Peternakan merupakan sebuah kegiatan yang bermanfaat untuk mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan hasil dan manfaat dari ternak tersebut. Peternakan itu sendiri tidak terbatas hanya pemeliharaan saja, akan tetapi tujuannya untuk mencari keuntungan dengan menerapkan prinsip manajemen yang dikelola secara profesional pada produksi supaya mendapatkan hasil yang optimal dengan dikombinasikan faktor-faktor pendukung untuk peternakan tersebut.

Majukan Peternakan Indonesia Bersama ilmuHewan.com

Seperti yang kita tahu bahwa peternakan di golongkan ke dalam dua bagian yaitu, peternakan hewan besar dan peternakan hewan kecil. Dimana kelompok peternakan hewan besar ini terdiri dari hewan unta, sapi, kerbau dan kuda. Sementara itu untuk kelompok peternakan hewan kecil ada ayam, kelinci dan ikan. Banyak sekali sekolah perguran tinggi atau universitas di seluruh dunia yang mengajarkan tentang ilmu pengetahuan peternakan. Dimana para lulusannya ini kemudian aktiv sebagai doktor hewan, farmasi ternak, pengadaan ternak dan industri makanan. Tapi, sayangnya sampai saat ini belum signifikan peran serta peternakan di Indonesia.

Kondisi Peternakan di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat cocok untuk dijadikan sentra bisnis peternakan. Luas daratan Indonesia yang mencapai jutaan km2 sangat mendukung kegiatan peternakan yang notabene membutuhkan lahan yang luas. Posisi Indonesia yang ada di daerah trofis juga sangat mendukung aktivitas usaha peternakan. Kondisi alam yang sangat baik ini juga didukung dengan jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar. Jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar ini sudah dapat dipastikan akan membutuhkan pangan dari hasil peternakan. Namun sangat disayangkan sampai saat ini kebutuhan beberapa produk peternakan masih belum dapat dipenuhi dari dalam negeri.

Sebagian besar kekurangan produk peternakan ini masih diatasi dengan jalan impor ke beberapa negara tetangga. Permasalahan ketidak mampuan usaha peternakan dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan komoditi peternakan merupakan permasalahan klasik yang sudah turun temurun dan belum dapat dipecahkan hingga saat ini. Permasalahan ini dapat dikategorikan sebagai permasalahan yang sangat kompleks dan mengakar di berbagai lapisan berbagai pihak yang terkait dengan peternakan. Masalah di bidang peternakan ini terbentang dari mulai masalah pada peternak hingga yang paling parah adalah kebobrokan pemerintah dalam menangani permasalahan ini. Untuk itu dibutukan sekali untuk bisa Majukan Peternakan Indonesia Bersama ilmuHewan.com.

Apa itu IlmuHewan.com ?
Mengatasi Permasalahan Peternakan di Indonesia

IlmuHewan.com merupakan sebuah website yang memberikan pengetahuan mengenai kehidupan binatang. Dimana di website ini sobat bisa mendapatkan berbagai macam ilmu ternak hewan dengan kategori jenis ilmu yang telah disediakan seperti :
  • Ternak Hewan.
  • Pakan Hewan.
  • Penyakit Hewan.
  • Perikanan.
  • Tips & Trik, dll.

Mengatasi Permasalahan Peternakan di Indonesia

Banyak hambatan dan tantangan yang perlu dihadapi, tetapi masih ada beberapa peluang dalam pencapaian produktivitas dan efisiensi usaha peternakan sapi di Indonesia. Kebijakan pemerintah dalam menjamin kontinuitas ketersediaan bahan pakan ternak (terutama konsentrat) perlu berpihak pada peternak kecil yang menguasai ternak sapi potong dalam proporsi besar, walaupun skala kepemilikannya relatif kecil. Dengan demikian efisiensi proses produksi akibat perbedaan akses terhadap bahan pakan tidak terjadi. Selain itu dalam mengatasi permasalahan peternakan di Indonesia, maka dibutuhkan berbagai ilmu peternakan, dan salah satunya sobat bisa mendapatkannya di ilmuhewan.com. Sobat bisa lihat disana salah satu jalan untuk mengatasi permasalan peternakan di Indonesia seperti :

  1. Potensi agroklimat yang sangat mendukung perkembangan sapi potong baik lokal maupun impor.
  2. Tersedianya lahan yang masih cukup luas dengan pengembangan pola integrasi tanaman-ternak (crop-livestock systems).
  3. Potensi sumberdaya genetik sapi potong (sapi bali, sapi madura, ongole, peranakan ongole) mudah dikembangkan karena mudah beradaptasi.
  4. Permintaan daging sapi terus meningkat terkait dengan meningkatnya jumlah penduduk.
  5. Indonesia bebas dari penyakit menular berbahaya sehingga memberikan iklim investasi yang lebih baik dan memiliki kesempatan dan kemampuan untuk ekspor produk peternakan.

Semoga dengan hadirnya website ilmuhewan.com bisa memberikan solusi permasalahan ketersediaan budidaya beserta klasifikasi tentang ilmu peternakan supaya di Indonesia ini bisa lebih maju lagi dalam bidang peternakannya.


Nah itu dia sobat http://ddsobirin.wagomu.id/ sedikit informasi yang bisa admin bagikan. Semoga bisa bermanfaat buat sobat semuanya. Jangan lupa untuk membaca juga postingan lainnya terkait pilih nahwa untuk jasa travel dan rental mobil di malang dan juga artikel tentang Cara Membuat Website Sendiri juga ada postingan lainnya mengenai Krakatau Steel Peduli Masyarakat serta ada artikel mengenai Green Pramuka City Hunian Strategis dan Nyaman di Pusat Kota. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingannya. Demikianlan artikel ini di buat untuk meramaikan sebuah kontes seo dengan kata kunci Majukan Peternakan Indonesia Bersama ilmuHewan.com.





  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.